Langsung ke konten utama

Manfaat bayam



Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang sering kita konsumsi. Mungkin tanpa bayam, sayuran yang kita masak terasa kurang lengkap. Banyak orang yang memanfaatkan sayur bayam sebagai favorit mereka. Bahkan di Nigeria, bayam terkesan didewakan karena fungsinya yang bisa dijadikan obat asma, eksim, kecantikan, sakit mata, penawar racun memperbaiki sistem pencernaan, menurunkan resiko terkena kanker, mengurangi kolesterol, dan anti diabetes. 

Awalnya, bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Orang latin mengenalnya dengan istilah Amaranthus spp. Kata 'amaranth' sendiri dalam bahasa latin yang artinya 'abadi' (everlasting). Ada yang beranggapan, bayam masuk ke indonesia pada abad ke-19 ketika lalu lintas perdagangan luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.

Fungsi bayam adalah menurunkan berat kolesterol dalam tubuh menjadi koprostanol yang kemudian di buang ke luar tubuh. Yang membuatnya berkhasiat anti diabetes adalah kandungan mangannya (Mn).

Untuk mengobati asma dan eksim pada kulit, gunakan bayam duri Amaranthus Spinosus. Tanaman bayam mengandung amarantin, kalium, nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, vitamin A, C dan K.




Cara mengobati asma :
1. Ambilah 5 batang bayam yang muda, kemudian potonglah bayamnya, termasuk daun dan batangnya.
2. Rebus potongan bayam, lalu masukan 5 gelas air selama 7-10 menit. 
3. Air hasil rebusan diminum. (Untuk orang dewasa 1 gelas, dan bayi 2 sendok makan saja. 
PERHATIAN : JANGAN MENARUH GARAM ATAU BUMBU LAINNYA. KARENA YANG DI AMBIL HANYA SARI BAYAM(AIR REBUSAN) SAJA.




Cara mengobati eksim : 
1. Caranya sama seperti di atas hanya saja ini bukan di minum tapi dilakukan dengan mengompres atau membalut bagian yang menderita eksim. 
2. Pengompresan menggunakan kain yang telah di rendam dalam air panas hasil rebusan bayam. Dilakukan cukup sekali sehari saja selama 20-30 menit.


Begitu istimewanya manfaat sayuran bayam, sehingga Nabi berkali-kali menjelaskan tentang kedudukannya di tengah manusia. 

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa "Makanlah bayam dan janganlah kalian guncangkan pohonnya, karena tidaklah berlalu satu hari pun, melainkan beberapa tetesan dari surga menimpa kepadanya".

Dalam hadits di atas, bayam digambarkan sebagai salah satu makanan surga yang nikmat rasanya. Karena itu, janganlah sekali-kali kita merusak dengan mengguncangkan pohon bayam sehingga daunnya berguguran. 

Seharusnya kita menjaga baik pohon bayam dengan menyiraminya berulang kali untuk menghindari kekeringan akibat terik matahari. Karena bayam akan terlihat bagus bida ditanam di derah yang lembab tanahnya, penuh dengan air.

Untuk menegaskan tentang besarnya fungsi bayam, di kesempatan lain, Nabi juga pernah mengatakan bahwa "Tidak ada satu helai daun dari daun bayam itu melainkan padanya ada tetesan dari surga".

Kenapa Nabi Muhammad sampai mengatakan seperti itu? Beliau menjawab "Barangsiapa makan bayam kemudian ia tidur, maka tidak mempan atasnya racun atau sihir".

Sebaiknya bayam dimakan sebelum tidur. Apalagi bila bayam dicampuri dengan cuka, maka ia sangat baik bagi pencernaan.

Selamat mencoba~

Komentar

H4NZ0 mengatakan…
Thanks sangat bermanfaat,Jan lupa kunjungi wibujones ^_

Postingan populer dari blog ini

Bila Demam Menyergap Anda

Foto : Ilustrasi "Janganlah anda mencela demam itu, sebab ia membersihkan dosa seperti api membersihkan kotoran besi." Kita tau bahwa negri kita Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai dua musim daam setahun, musim panas dan musim hujan. Dan akhir-akhir ini perubahan cuaca tak bisa di pastikan karena efek pemanasan global. Dari cuaca panas ke hujan atau sebaliknya. Seringkali tak bisa di prediksi. Tentu saja kondisi ini kerap menimbulkan pengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh. Tubuh yang lelah akibat kurang istirahat dan asupan makanan yang tidak teratur, sering membuat sistem pertahanan tubuh terganggu. Bibit-bibit sangat mudah menyerang sistem kekebalan tubuh. Apabila tidak segera ditangani. Tentu saja akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan. Nah salah satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh adalah penyakit demam. Dalam beberapa kasus, berdasarkan pengamatan ahli kedokteran, penyakit ini disebabkan oleh terj

8 Manfaat Coca-Cola Selain Di Minum

Foto : Ilustrasi Siapa sih yang gak tau Coca-Cola? Hampir 96% penduduk dunia tahu Coca-Cola gak cuma minum doang lho!  Banyak banget hal luar biasa lain yang bisa kamu lakukan dengan minuman bersoda ini.  Coca Cola bisa ngilangin karat sama bersih bersih itu karena sodanya. Semua minuman bersoda emang gitu. Inilah 8 Manfaat Praktis Coca-Cola Selain Di Minum :  1.    Supaya BBQ buatanmu penuh rasa dan lezat, kamu juga bisa mebuat saus baru yang enak dari Coca-Cola.  Caranya : Campurkan Coca-Cola dan saus, lalu oleskan ke atas daging yang mau di panggang. 2 .  Gunakan Coca-Cola dan aluminium foil supaya lapisan Chrome jadi kinclong lagi. 3.  Kamu juga bisa pake Coca-Cola buat melunturkan atau menghapus semir rambut lho. 4.  Kalau lantai di rumahmu kotor, meskipun di pel nodanya gak hilang, pakai Coca-cola.  Caranya : Cukup tuangkan Coca-Cola di lantai yang bernoda, lalu diamkan beberapa menit, lalu bilas pakai kain pel. 5.  Pe

Bawang Merah Penawar Alternatif Penyakit

Foto : Ilustrasi ''Sesungguhnya makanan terakhir yang dimakan Rasul itu mengandung bawang merah".(HR. Abu Daud dari Aisyah RA.) Tahukah anda bahwa bawang merah mengandung khasiat mengobati beragam jenis penyakit? Khasiat pengobatan dengan bawang merah ini bahkan telah diketahui dan dipraktekkan sejak zaman Fir'aun dan Yunani kuno. Tumbuhan ini termasuk dalam jenis lilian dan merupakan tumbuhan bermusim yang ditanam sekali dalam setahun. Mungkin sebelumnya kita hanya tahu bumbu dapur yang satu ini hanya dipakai untuk menyayur atau hanya sekedar menjadi penganan para raja-raja kuno. Namun, dalam blog saya kali ini akan memberi tahu khasiat bumbu dapur tersebut. Menurut Islmail Abdul Muthalib Al-Khatib, dalam buku bawang merah dalam pengobatan islam, bawang merah mengandung : - Kalsium - Fostur - Zat Besi - Vitamin A - Vitamin C - Zat untuk melancarkan buang air kecil dan buang air besar - Zat yang sesuai untuk perut dan menguatkan anggota badan - A

Khasiat Jintan Hitam

Foto : Ilustrasi "Hendaklah kalian mengkonsumsi jintan hitam, karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala penyakit, kecuali assam  (yang dimaksud adalah maut)" [HR. Bukhari]. Segala sesuatu diciptakan Allah di dunia ini memiliki manfaat. Sekecil apapun ciptaan-Nya itu pasti mengandung banyak faidah, baik yang berguna untuk benda itu sendiri, manusia, maupun bagi kehidupan dunia secara luas. Satu diantara benda yang dimaksud adalah sebuah biji berwarna hitam yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Khasiat jintan hitam tersebut, sudah dari jauh-jauh hari telah dilontarkan Nabi saw seperti yang diriwayatkan Abu Hurairah RA., bahwa Rasulullah saw mengatakan "Pada biji hitam terkandung kesembuhan dari segala penyakit kecuali maut". (HR Bukhari) Dilihat dari namanya, wajar bila ia disebut hitam, karena ia adalah jenis biji-bijian yang memang berwarna hitam. Bentuknya seperti biji wijen. Se

KISAH SEORANG DOKTER - Cerpen

Foto : Ilustrasi Seorang lelaki yang kebetulan seorang dokter muda, merasa sangat tidak enak dengan apa yang telah terjadi. Ia pulang ke rumah dengan raut wajah yang suntuk. Setibanya dirumah, ia merebahkan dirinya dikasur saat pikirannya kacau. Lalu ia mendengar suara di dalam kepalanya yang berkata padanya, "Sudahlah, nggak usah terlalu dipikirkan. Skandal dokter berhubungan intim dengan pasiennya terjadi di mana-mana. Jadi kamu nggak usah kuatir." Lelaki tersebut mencoba untuk setuju dengan gumamnya itu, lalu bergegas untuk tidur. Tapi.... Saat pagi tiba, terbayang kembali dan perasaan tidak enak muncul lagi dalam pikirannya. Ia membalikkan badan dan mendengar lagi suara di dalam kepalanya, "Nggak usah kuatir, orang sudah mulai terbiasa dengan skandal hubungan seksual antara dokter dan pasiennya." Foto : Ilustrasi Lelaki itu mulai rileks dan perasaannya berangsur-angsur membaik sambil meminum secangkir kopi hangat.

Khasiat Papyrus

Foto : Ilustrasi Di zamam modern ini, tumbuhan sebagai obat alternatif bukanlah hal yang asing. Karena ilmuwan dan pakar kedokteran dengan teknologinya telah meneliti zat-zat yang terkandung dalam tanaman tersebut. Tapi jauh sebelum ilmuwan dan pakar kedokteran mencapai prestasi tersebut, pemanfaatan tumbuhan ini telah dilakukan sejak zaman bangsa Mesir Kuno dan para Nabi. Kala itu, mereka menggunakannya tanpa dukungan teknologi seperti sekarang ini. Pada blog kali ini, fakta inilah yang dapat kalian temukan pada tumbuhan papyrus yang menjadi tips kesehatan kita. Papyrus adalah sejenis tanaman air yang hidup beribu-ribu tahun lamanya. Kira-kira sudah 3500 SM (Sebelum Masehi), bangsa Mesir kuno sudah memanfaatkan papyrus. Orang Mesir saat itu membuat kertas dari kulit papyrus yang tipis. Bahkan kata 'paper' dalam bahasa inggris yang berarti kertas, diambil dari bahasa lain, "papyrus". Pada tingkt fisikal, pohon ini pun sangat menarik perhatian. Daunny

Melon, Hot Painkillers

Photo : Ilustration Once Abu Daud once said, "Among the fruits that the Prophet favored were Wine and Melon." Why did the Prophet Muhammad like this fruit so much? Because melons can relieve the heat. So not just freshness that can be bowed. The Prophet Muhammad usually eats melon along with fresh dates, as he says, "One throws out the heat, the other chases away the cold." (Hadith History of Tirmidhi). There is also a famous hadith attributed to Ibnu Abbas, which states that melons are food and drink, and smells of smell. He washes the bladder, cleans the stomach, increases the spinal fluid, helps sexual intercourse, clear vision and stop the cold. However, the nature of this trait may only exist in the yellow melon. In medical science, it is not just the sweet taste that can be obtained from melons, but many uses and vitamins contained this fruit. Type of green melon is cold and wet, while the yellow tends to heat. If used as eye drops, melons ca

Doodle Nama

Maaf ya kalau gambaran saya kurang menarik.. hehe maklum masih tahap belajar.... Ini nama teman-teman saya, lagi iseng sih buat doodle bgini :'v... Doodle nama : Laroy dan Hanni Doodle panda Doodle nama : La Roy Bhavi Alifiansyah Doodle nama : Atih Doodle nama : Aldhi Tri Wibowo Doodle nama : Peksi Doodle nama : Yansah Doodle nama : Alfas

Cara Mengobati Orang Kesurupan

Foto : Ilustrasi Orang yang mengobati kesurupan harus kuat imannya dan percaya dengan pengaruh zikir maupun bacaan Al-Qur'an. Semakin kuat iman dan tawakalnya, semakin kuat pengaruh dirinya dalam mengobati. Jin adalah salah satu dari sekian makhluk-Nya. Mereka berasal dari dunia yang berbeda dengan alam malaikat dan manusia. Dinamakan jin karena bentuk asli mereka tidak terlihat oleh mata. Jin bisa merasuki dan menyakiti badan manusia. Istilahnya kesurupan/kerasukan. Kesurupan adalah kemasukan jin atau makhluk halus, sehingga dimungkinkan orang yang terkena musibah akan berbicara dengan bahasa yang tidak lazim maupun bertindak yang aneh-aneh. Umpamanya, si korban mampu memindahkan benda-benda berat yang tidak bisa dilakukan orang normal. Pendek kata, siapa pun yang pernah menyaksikan kelakuan orang kesurupan akan tahu bahwa sesungguhnya ada sesuatu yang kurang wajar, mengingat alam bawah sadarnya digerakkan makhluk lain di luar kemampuannya. Ada tiga p

MANFAAT TELUR AYAM BAGI KESEHATAN

Foto : Ilustrasi   Tradisi telah mewariskan kepada kita untuk merawat kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alamiah. Cara-cara tradisional relatif lebih aman dibanding dengan penggunaan obat obatan modern yang banyak mengandung zat kimia. Sejak dulu dipercaya dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, hal ini karena kandungan protein dalam telur cukup tinggi. Dalam kitab At-Thibb An-Nabawy, karangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dikutip sebuah Atsar yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman yang menyebutkan, "Bahwa salah seorang nabi pernah mengadu kepada Allah swt. bahwa tubuhnya merasa lemah. Maka Allah memerintahkannya memakan telur." Khasiat dan kegunaan telur sudah tidak diragukan lagi. Tapi tidak semua telur memiliki kandungan manfaat yang baik. Telur yang masih baru lebih baik daripada yang sudah lama. Sementara diantara seluruh jenis unggas, telur ayam adalah yang terbaik. Sifatnya stabil dan cenderu